RSUD Kecamatan Sepaku Siap Beroperasi

Penajam, suarapika.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama yang berada di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) resmi beroperasi. Peresmian Rumah Sakit Tipe D ini oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU, Muliadi, pada Kamis (5/8/2021) siang.

Membacakan sambutan tertulis Bupati PPU, Sekda PPU Muliadi, mengatakan bahwa dirinya berharap keberadaan Rumah Sakit Pratama yang ada tersebut semakin memacu semangat semua dalam memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dan prima, serta tetap dapat dijangkau oleh kemampuan ekonomi masyarakat. Terutama masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang terbatas ataupun sangat terbatas, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten PPU.

Sarana dan prasarana yang ada di Rumah Sakit Pratama ini lanjutnya, merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten PPU, saya ucapkan selamat kepada seluruh masyarakat atas diresmikannya Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sepaku. Semoga hal Ini merupakan salah satu kado istimewa bagi masyarakat PPU khususnya Sepaku dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, ” kata Muliadi.

Muliadi berharap ke depan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sepaku tersebut akan terus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan bermutu, sesuai visi dan misinya. Untuk itu pinta dia, diperlukan usaha dan kerja keras dari semua khususnya dalam hal manajemen rumah sakit, karena masih banyak hal- hal yang senantiasa terus dibenahi untuk mewujudkan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan secara prima yakni mudah, murah, cepat dan nyaman.

Pada kesempatan itu Muliadi juga menegaskan kembali komitmennya dan menjadi komitmen bersama, dengan kesadaran dan ketaatan yang tulus dan ikhlas untuk menata manajemen rumah sakit ini secara bersama-sama, saling mendukung dan berkolaborasi secara baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

See also  Malam Takbiran di Medan Semarak, Warga Antusias Saksikan Pawai Kendaraan Hias

“Kepada para petugas rumah sakit, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya, agar terus termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas. Karena tuntutan serta tugas yang saudara-saudara emban, memang membutuhkan pendekatan psikologis pasien, sehingga pasien bisa nyaman dan rileks dalam menjalani perawatan hingga akhirnya cepat sembuh. Demikian pula, kepada pengelola Rumah Sakit Pratama Sepaku, kiranya senantiasa menjaga dan memelihara sarana dan prasarana rumah sakit ini dengan sebaik-baiknya utamanya kebersihan, agar dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan, “tutupnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, Jansje Grace Makisurat dalam laporannya mengatakan bahwa RSUD Pratama Kecamatan Sepaku selesai dibangun pada 2018 dan baru keluar izin oprasionalnya pada April 2021.

RSUD Pratama tersebut memiliki fasilitas 23 tempat tidur dewasa dan 10 tempat tidur anak. Rumah sakit tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang baik seperti peralatan USG tiga dimensi, inkubator , laboratorium dan sebagainya yang akan ditunjang dengan tiga orang dokter di dalamnya.

” Namun sejauh ini RSUD Pratama Sepaku masih banyak membutuhkan fasilitas, termasuk ruangan dan rawat inap yang masih kurang di dalamnya, ” pungkasnya. [PemkabPenajam]

Leave a Reply

Your email address will not be published.