Permudah Vaksinasi untuk Lansia, Puskesmas Kedu Lakukan Jemput Bola

Temanggung, suarapika.id – Untuk mempermudah akses, pihak Puskesmas Kedu mengadakan vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Balai Desa Kutoanyar, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Kamis (22/7/2021). Vaksinasi dilaksanakan dengan sasaran 350 orang lansia dan kader di wilayah setempat yang dijadwal secara bertahap, untuk menghindari kerumunan.

Kepala Puskesmas Kedu dr Freshinta Maya Warnerina menjelaskan, Desa Kutoanyar merupakan salah satu wilayah yang jauh dari Puskesmas Kedu. Sehingga, pihaknya melakukan jemput bola, mendatangi desa untuk melakukan vaksinasi.

“Sampai dengan saat ini belum semua lansia di Desa Kutoanyar yang bisa mengikuti vaksinasi, mengingat jumlah vaksin yang masih terbatas,” terangnya.

Ditambahkan, warga di desa tersebut cukup antusias mengikuti vaksinasi, meskipun ada beberapa yang masih takut untuk divaksin. Salah satu penyebabnya, karena beredar informasi di masyarakat tentang efek vaksinasi. Namun, pihaknya terus mengedukasi dan meluruskan informasi tersebut.

“Sebenarnya vaksin ini sangat aman, karena ketidaktahuan masyarakat, beredar kabar ada warga yang meninggal setelah divaksin, padahal warga tersebut sama sekali belum mengikuti vaksinasi,” jelasnya.

Freshinta menjelaskan, kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) seperti demam, hingga kini masih sangat kecil. Dari 3.000 orang peserta yang sudah divaksinasi, hampir tidak ada yang mengalami gejala KIPI.

Terkait vaksinasi yang dilakukan, menurutnya, sampai saat ini vaksinasi di wilayah Kecamatan Kedu sudah dilaksanakan di Desa Bandunggede, Tegalsari, dan Kutoanyar. Untuk desa lain, pihaknya masih menunggu ketersediaan vaksin.

“Untuk desa yang jauh dari wilayah Puskesmas Kedu dan pihak desa juga berkeinginan untuk didatangi, dilakukan jemput bola untuk mempermudah bagi lansia. Sedangkan untuk usia 50 tahun ke bawah, dianjurkan untuk vaksinasi dengan datang ke Puskesmas dengan mendaftar secara online terlebih dahulu,” sambung Freshinta.

See also  Ikut Lapak Ganjar, Kerajinan Enceng Gondok Ini Berkembang Pesat

Sekretaris Desa Kutoanyar, Muhzarodin mengatakan, vaksinasi dosis pertama untuk Desa Kutoanyar sudah dilaksanakan pada 23-24 Juni 2021 lalu. Untuk vaksinasi dosis kedua ini pun masyarakat sangat bersemangat mengikuti.

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya di Desa Kutoanyar,  agar tak takut divaksin, mengingat vaksin Covid-19 aman, halal dan sehat. Namun, usai divaksin, mereka mesti tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ketaatan masyarakat terhadap prokes di Desa Kutoanyar juga semakin meningkat, karena kita terus melakukan sosialisasi dan edukasi dengan melibatkan Koramil, Babinsa, Babinkamtibmas, Pemdes dan Satgas Covid-19 Desa, baik melalui media sosial, banner maupun media lainnya,” pungkasnya. [PemprovJateng]

Leave a Reply

Your email address will not be published.