Gubernur Kaltara Harapkan IWAPI Berikan Pengaruh Ekonomi

Tarakan, suarapika.id – Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum berharap Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Utara memberikan pengaruh positif bagi roda perekonomian. Hal ini disampaikannya saat menghadiri pelantikan DPD IWAPI Kaltara, di Kayan Ballroom, Tarakan Plaza Hotel, Ahad (5/6/2022).

“Saya berharap IWAPI berperan membantu pelaku UMKM di Kaltara untuk bangkit. Di mana kita sedang berjuang keras untuk memutar kembali roda perekonomian setelah terhambat karena Pandemi Covid-19,”terang Gubernur.

Gubernur optimis, visi IWAPI sejalan dengan program yang telah dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. “Sebab, kita ketahui bersama presentase pengusaha UMKM berjenis kelamin perempuan di Kaltara sebanyak 45,09 persen dari jumlah keseluruhan,”jelas Gubernur. Ini menjadi perhatian besar Gubernur, agar seluruh pengusaha wanita di Kaltara dapat lebih berkembang.

Seperti diketahui, IWAPI merupakan salah satu wadah kesatuan wanita pengusaha. Organisasi ini berdiri sejak 10 februari 1975 dan semula bernama IPWI (Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia) ini, kini telah beranggotakan kurang lebih 40.000 wanita pengusaha di seluruh indonesia. “Mereka telah berperan menjadi mitra strategis pemerintah dalam membuka peluang usaha dan menyuarakan kepentingan wanita,”bebernya.

Melalui IWAPI, Gubernur berharap para pengusaha wanita dapat mengembangkan kemampuan berwirausaha. Misalnya, menggelar berbagai pelatihan keterampilan dan manajemen. Serta perbaikan akses terhadap persoalan finansial.
“Saya yakin, IWAPI memiliki jaringan yang cukup kuat untuk membantu para untuk mengembangkan UMKM di Kaltara,”tuntasnya. [PemprovKaltara]

See also  Ketua Dekranasda Bali Ajak Perajin UMKM Turut Lestarikan Warisan Leluhur

Leave a Reply

Your email address will not be published.