Bupati Pamekasan : Ada 3 Cara Hadapi Revolusi Industri

Surabaya, suarapika.id – Bupati Pamekasan  Baddrut Tamam dihadapan Aparatur Sipil Negara (ASN)  Bappeda Pemkab. Pamekasan mengatakan, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi revolusi industri agar mampu bersaing di masa yang akan datang. Pertama memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, iman dan attitude yang baik, serta yang terakhir cepat, inovatif, dan kolaboratif.

“Generasi yang dibutuhkan oleh dunia banyak sekali, tetapi saya mengidentifikasi menjadi tiga saja,” jelasnya,  Kamis (7/4/2022).

Dikatakan, generasi yang tidak memiliki tiga hal itu akan digilas oleh kemajuan zaman, termasuk anak bupati sendiri yang tidak akan diperhitungkan apabila tidak memiliki ketiganya.

“Kalau dulu anak bupati bisa dihormati oleh orang karena anak bupati, tetapi berikutnya nggak kalau tidak memiliki sumber daya manusia, attitude, cepat, inovatif dan kolaboratif ,” ungkapnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, ketiga syarat tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Tidak bisa sebatas memiliki ilmu pengetahuan tanpa akhlak yang bagus, demikian juga sebaliknya.

“Tetapi kalau memiliki ilmu pengetahuan dan akhlakul karimah, maka dia akan berpikir bagaimana cara berkolaborasi dan bekerja sama dengan beberapa pihak yang lain, ditambah lagi cepat, kolaboratif dan inovatif,” tandasnya.

Dia menegaskan, apabila generasi tersebut memiliki tiga syarat ini dipastikan akan mampu bersaing dengan generasi hebat di dunia. Karena saat ini ada banyak fenomena yang sebelumnya tidak terpikirkan, tetapi sekarang benar-benar terjadi.

“Sebelumnya orang ingin menjadi pengusaha hotel harus beli tanah, bangun hotel, ngurus IMB (izin mendirikan bangunan) dan lain-lain. Sekarang menjadi pengusaha hotel bisa hanya dengan smartphone kita. Tiba-tiba orang yang punya hotel dikalahkan dengan aplikasi itu, ini yang saya sebut cepat, inovatif dan kolaborati,” tegasnya.

See also  DPMPTSP Kaltim Siapkan Respon Cepat Pengaduan Izin Usaha

Dia berharap, anak-anak muda Pamekasan dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman dengan memperhatikan tiga syarat itu demi kemajuan Pamekasan, dan Indonesia di masa yang akan datang.  [PemprovJatim]

Leave a Reply

Your email address will not be published.