Berikan Layanan Prima, Labkes Kalsel Dituntut Harus Kembangkan Layanan Laboratorium

Banjarmasin, suarapika.id – Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalsel mengadakan Assesmen Komite Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK) di Labkes Kalsel, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut langsung dihadiri tim Assesmen dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Siti Rahayu dan Ay Kartini Salim yang disambut langsung oleh Kepala UPT Labkes Kalsel, Susi Hermina dan didampingi Kepala Bidang Yankes, Dinas Kesehatan Kalsel Edi Sabara dan jajaran pegawai Labkes.

Pada kesempatannya, Edi Sabara menginginkan Labkes Kalsel terus mengembangkan layanan bagi masyarakat Kalsel. “Diharapkan Labkes Kalsel terus mengembangkan layanan untuk masyarakat,” kata dia, Kamis (27/5/2021). Ia berharap Labkes Kalsel dapat melakukan kerjasama dengan BPJS agar dapat melayani semua lapisan masyarakat. Untuk mendorong masyarakat dapat ke Labkes untuk memeriksakannya dengan jaminan kartu BPJS.

Kemudian di Labkes sendiri harus mempunyai pelayanan yang di unggulkan yang tidak ada di pelayanan Rumah Sakit atau klinik yang lain. “Contoh saja pemeriksaan apa yang tidak harus pergi ke Surabaya atau Jakarta, sehingga kalo ada yang spesifik tentang pemeriksaan lab cukup di labkes Kalsel. Artinya bisa dilakukan di labkes dengan dukungan dari Pemprov dan SDM serta tersedianya prasarana,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala UPT Labkes Kalsel, Susi Hermina mengatakan pelayanan unggulan di labkes sendiri memiliki laboratorium Mikro Biologi. Jadi di RS dan klinik tidak ada yang punya pelayanan itu.

“Sekarang kami sudah mengembangkan lab Mikro Biologi khusus untuk Pemeriksaan Timbal (Pb), Lab Serologi dan Lab VCR. Silahkan masyarakat memilih karena bagaimanapun kita bersaing dengan fasilitas kesehatan lainnya,” kata Susi. Namun Labkes Kalsel merupakan milik Pemerintah Provinsi Kalsel dalam hal ini Dinas Kesehatan otomatis memberikan tarif murah tapi tidak murahan. “Hal ini agar bisa bersaing dengan lab swasta, jadi hasilnya tidak menunggu lama,” tuturnya.

See also  Sekda Kaltara Ingatkan Pengaruh Ideologi Terhadap Bahaya Terorisme dan Kelompok Radikal

Selain memiliki pelayanan unggulan Labkes sendiri memiliki SDM yang cukup berkompeten dalam memberikan layanan ke masyarakat. “Untuk SDM dapat memberikan layanan yang prima bagi masyarakat,” ucap Susi. [PemprovKalsel]

Leave a Reply

Your email address will not be published.