Bangga Dengan Kearifan Lokal

Tanjung Selor, suarapika.id – Menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengenakan pakaian adat Dayak Bulusu.

Menurut Gubernur, menggunakan pakaian daerah dalam agenda resmi pemerintahan adalah wujud kecintaan terhadap keragaman yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Pakaian yang saya kenakan kali ini dari adat Dayak Bulusu, salah satu etnis yang ada di Kaltara,”terang Gubernur, Rabu (17/8).

Tidak hanya itu, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Dr Yansen TP, M.Si juga terlihat mengenakan pakaian adat Dayak Lundayeh.

Gubernur mengungkapkan, HUT ke-77 RI kali ini mengusung tema ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’. Dimana, pandemi Covid-19 yang sempat memberikan pengaruh terhadap sejumlah aspek di Indonesia maupun dunia.

Oleh karena itu, Gubernur mengaku bahwa penurunan angka pandemi di Kaltara harus terus ditekan dengan vaksinasi rutin untuk memperkuat imunitas masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Yansen mengaku bangga dan bahagia dengan keamanan dan kekondusifan di wilayah Kaltara. Ia mengaku bahwa keberadaan Kaltara sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga adalah sebuah anugerah yang harus dijaga.

Oleh karena itu, Wagub Yansen mengaku bangga dengan harmonisasi masyarakat yang dapat terjaga dan terpelihara dengan baik. “Jadi saya berharap masyarakat menyadari bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar. Kaltara memiliki keanekaragaman yang harus disatukan untuk membangun negeri,” terangnya.

Usai mengikuti upacara detik-detik proklamasi, Gubernur bersama Wagub langsung melakukan prosesi ziarah di Taman Makan Pahlawan (TMP) Telabang Bangsa.

Prosesi ziarah dipimpin oleh Inspektur Upacara Komandan Korem (Danrem) 092 Maharajalila, Brigjen TNI Rifki, SE, MM., yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan. Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi penerus saat ini dapat meneladani sikap nasionalisme dan patriotisme para pahalwan. Mereka melakukan tabur bunga dan doa bersama di pusara makam para Pahlawan Indonesia.

See also  Pertamina Berikan Bantuan Bibit dan Pakan Ikan untuk Petani Tambak Indramayu

Sebelumnya, Gubernur juga menghadiri apel kehormatan dan renungan suci, Rabu (17/8) dini hari. Apel renungan suci dipimpin oleh Kapolda Kaltara, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si., selaku Inspektur Upacara.

Renungan suci merupakan rangkaian kegiatan rutin tahunan yang digelar sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang gugur dalam membela tanah air. Kegiatan ini berlangsung khidmat, kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan teks apel kehormatan. [PemprovKaltara]

Leave a Reply

Your email address will not be published.